Sabtu, 22 Desember 2012

HUBUNGAN ASURANSI DAN PERENCANAAN KEUANGAN

DASAR PERENCANAAN KEUANGAN

Pada dasarnya, prudential hanyalah asuransi jiwa biasa, namun sejalan dengan perkembangannya, prudential memiliki banyak produk yang menjadi pondasi perencanaan keuangan. Mengapa demikian? Berikut penjelasannya:
Ada 3 bucket (keranjang) yang akan menemani hidup seseorang, yaitu keamanan, pertumbuhan & kemewahan. Isi dari masing-masing bucket diantaranya:
1. Keamanan
- Dana tunai (minimal 3 bulan untuk hidup untuk menghindari risiko PHK/kebangkrutan, 3 bulan adalah target untuk bangkit kembali, mencari pekerjaan baru atau bisnis baru.
- Tabungan untuk pensiun
- Dana kuliah anak
- Asuransi atau dana cadangan/darurat
2. Pertumbuhan
- Deposito
- Reksa dana
- Bisnis
- property
3. Kemewahan
- Rumah mewah
- Mobil mewah
- Kapal pesiar pribadi

Sebagian besar orang yang telah memasuki bucket pertumbuhan, hasilnya akan dialihkan ke bucket kemewahan. & tidak jarang juga tanpa sadar bucket keamanan belum terpenuhi. Bagaimana dana pensiunnya? Dana kuliah anak? Mungkin juga biaya pernikahan anak, dana untuk pergi haji.
Namun dari semua itu yang terpenting adalah asuransi.


Asuransi unit link prudential selain mengcover dana darurat, namun juga merupakan tabungan untuk dana pendidikan & pensiun. Berikut adalah 5 manfaat umum mengapa orang butuh asuransi:
1. Untuk melindungi asetnya
2. Untuk melindungi keluarganya
3. Sebagai tabungan pendidikan
4. Sebagai jaminan masa tua/pensiun
5. dan keperluan lain yang memerlukan dana besar & tidak bisa instant (harus dimulai dengan tabungan)
Lalu kenapa nabung di PRUDENTIAL? Bank juga banyak tabungan yang bisa mewujudkan semua itu.
Well, saya coba jelaskan bertahap. Sebelumnya, harus kita ketahui dulu, ada 2 hal yang dapat menghabiskan aset orang bahkan sampai miliaran, yaitu sakit & judi.
Pencuri, maling, rampok, garong, mereka juga bisa mencuri aset kita, namun kita tetap dapat membangun aset kembali. Tetapi jika pencuri tsb berjubah putih (dokter), dalam hal sakit kritis bisa saja kita jual aset & tabungan kita demi kesembuhan & kebahagiaan bersama keluarga, lalu bisakah kita produktif dalam kondisi sakit? Akan sangat sulit membangun kembali aset yang sudah habis. Lalu bagaimana dengan keluarga anda? Keuangannya? Kuliah anak? Bisakah meraih kebahagiaan di masa pensiun?
Itulah mengapa Prudentialalways listening, always understanding
Prudential mengcover seluruh biaya risiko tersebut tanpa mengurangi tabungan untuk meraih impian2 tersebut.

"Jadi jika bucket keamanan telah terpenuhi, kita akan jauh lebih aman untuk membangun bucket kemewahan. Sooo! Jangan saaampe bucket kemewahan telah terbentuk lalu hancur tiba2 karna bucket keamanan belum dilengkapi"

Jika kita merencanakan keuangan untuk meraih bucket kemewahan atau tabungan2 seperti diatas, bukan berarti seluruh investasi harus diserahkan pada asuransi. Prudential biasanya hanya menjanjikan perkembangan 15%/tahun (fluktuatif, nasabah prudential sept 2011-sept 2012 perkembangannya 22%), jika anda telah ikut asuransi dan merasa cukup dengan manfaatnya, kemudian anda dapat mengembangkan uang lebih dari perkembangan prudential, maka kembangkanlah sendiri sebagian uang anda.

Intinya, dalam perencanaan keuangan, bucket keamanan harus dilengkapi terlebih dahulu, dengan asuransi unit link prudential, maka akan terbentuk dana cadangan diluar tabungan kita, kemudian beranjaklah ke bucket pertumbuhan jika anda mampu mengembangkan uang anda lebih dari prudential untuk meraih bucket kemewahan..

Catatan: Untuk informasi dan ilustrasi asuransi unit link, baik bagi Anda maupun Keluarga Anda, Tabungan Pendidikan dan Tabungan Dana Pensiun dapat menghubungi CECEP RUSWANDI di No 088801826780  atau email pruden_tex@yahoo.com

Ping your blog, website, or RSS feed for Free free search engine submission

Tidak ada komentar: